IReport – Library minimal yang dibutuhkan untuk JasperReport

Dalam mendistribusikan aplikasi java yang didalamnya menggunakan JasperReport / IReport, tentu saja kita harus memasukkan library JasperReport. Jika file jrxml dibuat menggunakan IReport, kita dapat mengambil library yang terdapat di folder program IReport, karena IReport diinstall di drive D maka letak librarynya berada di “D:\Program Files\Jaspersoft\iReport-4.5.0\ireport\modules\ext”.

Agar semua fasilitas JasperReport (Chart, konversi ke format Excel atau Word, dsb) dapat bekerja, semua library yang terdapat di folder tersebut harus dimasukkan kedalam aplikasi yang akan kita distribusikan. Tentu saja semua library tersebut kapasitasnya cukup gede, sekitar 60-an MB. Dengan tambahan library segede itu, membuat aplikasi kita menjadi gemuk sekali. hehehehe.

Terkadang kita tidak membutuhkan semua fasilitas  yang ada di JasperReport, misal kita hanya membutuhkan untuk konversi ke PDF aja, maka library-library yang tidak dibutuhkan bisa dihapus dari aplikasi yang akan kita distribusikan. Berikut daftar library minimal JasperReport yang saya gunakan.

IReport yang digunakan adalah versi 4.5.0, untuk IReport versi yang terbaru ataupun lebih lama tinggal menyesuaikan saja. 😀

, , , , , ,

  1. #1 by sumbersoft on October 27, 2015 - 7:50 am

    makasie gan, klo yang dibutuhkan export ke pdf dan xls itu librarynya mana ja ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: