ZYA CBT – Instalasi Aplikasi Ujian Online

Instalasi ZYA CBT cukup sederhana, yang pertama disiapkan adalah komputer yang akan digunakan sebagai server CBT. Anda bisa menggunakan Sistem Operasi Windows ataupun menggunakan Linux. Untuk kali ini, kita akan melakukan instalasi di sistem operasi Windows. Berikut langkah-langkah yang dilakukan :

Instalasi XAMPP

Untuk paket aplikasi Apache, PHP, dan MySql yang dipakai adalah XAMPP. Anda bisa download terlebih dahulu di https://www.apachefriends.org/download.html. Lakukan instalasi sampai xampp siap digunakan.Versi XAMPP yang digunakan tergantung dari keiinginan anda, karena xmapp 1.8.0 diatas hanyalah sebuah contoh saja.

Import Database ZYA CBT

Database sudah disediakan pada distribusi ZYA CBT, sehingga anda hanya perlu melakukan import dengan menggunakan PHPMyAdmin saja, atau bisa jua menggunakan tool lainnya.

Konfigurasi Database ZYA CBT

Langkah terakhir adalah dengan mengubah data user dan password MySQL yang akan digunakan pada ZYA CBT. Yaitu terletak pada file application\config\database.php.

 

Setelah langkah terakhir, maka ZYA CBT siap untuk digunakan.

Sampai ketemu lagi pada tutorial penggunaan ZYA CBT lainnya.

, , , ,

  1. #1 by Pardiansyah Anjir on February 20, 2019 - 4:12 pm

    ASLM. MAS minta pencarahannya waktu saya inprut soal pada excel hanya pada satu soal yang berapa pada row yang soal pertama aja. lalu bagaimana caraya agar dapat menginput soal dapat masuk kedata sersver nya secara keseluruhan. terima kasih.

    • #2 by Achmad Lutfi on February 20, 2019 - 6:53 pm

      kalo import soal, tidak boleh ada baris kosong ditengah tengah form antar soal. Kalo ada jawaban kosong harus dihapus. kalo tidak dihapus, soal yg dibawahnya tidak di import

    • #3 by Achmad Lutfi on February 20, 2019 - 6:55 pm

      kalo import soal, tidak boleh ada baris kosong ditengah tekalo import soal, tidak boleh ada baris kosong ditengah tengah form antar soal. Kalo ada jawaban kosong harus dihapus. kalo tidak dihapus, soal yg dibawahnya tidak di importngah form antar soal. Kalo ada jawaban kosong harus dihapus. kalo tidak dihapus, soal yg dibawahnya tidak di import

  2. #4 by rizal on February 22, 2019 - 11:05 am

    Assalamu’alaikum, mas mau tanya terkait ZYA CBT, saat installasi sudah sesuai petunjuk, akan tetapi saat dijalankan dengan memilih log in operator dan dimasukkan user serta passnya “admin”, keterangannya hanya “data sedang diproses” begitu terus, kira2 letak kesalahannya dimana ya?

    • #5 by Achmad Lutfi on February 23, 2019 - 6:50 am

      coba dicek databasenya. kalo kesulitan instalasi dari source code, silahkan gunakan xampp yang sudah ada zya cbt nya

      • #6 by achmadzhul on March 31, 2019 - 4:00 pm

        sama aja mas.. gak berhasil udah download xampp yang bawaan zya cbt tapi tetep sama..

      • #7 by Achmad Lutfi on March 31, 2019 - 5:52 pm

        udah di cek usernya di database.php ?

      • #8 by Achmad Lutfi on March 31, 2019 - 5:53 pm

        kalo may make xampp yg bawaan zya cbt, service xampp sebelumnya dihapus dulu, kalo mau aman, xampp lama di uninstall saja

      • #9 by azhulkifli on March 31, 2019 - 9:58 pm

        udah dicek mas… tetep aja proses terus gak mau login

      • #10 by Achmad Lutfi on April 1, 2019 - 12:10 pm

        disetting udah?

      • #11 by achmadzhul on March 31, 2019 - 9:59 pm

        saya pake xampp bawaan tetep aja data sedang diproses, udah srting database juga mas.. mohon solusinya

      • #12 by Achmad Lutfi on April 1, 2019 - 12:09 pm

        bukan database, username dan password databasenya

      • #13 by achmadzhul on April 1, 2019 - 8:34 pm

        saya udah edit user pass di database.php mas.. tapi tetep proses terus

      • #14 by Achmad Lutfi on April 2, 2019 - 4:00 am

        xamppnya sebelumnya sudah diinstall? sebelum makai portable?

  3. #15 by Wenzt S Taromi on April 12, 2019 - 10:33 am

    selamat siang mas.saya import soal selalu saja eror.padahal sdh ada topik dan saya test pake templatenya.saya cba isi soal PKn tp tdk bisa.mksh

    • #16 by Achmad Lutfi on April 14, 2019 - 2:12 pm

      coba save as ke office 2007 filenya gan

  4. #17 by Ramiza on August 13, 2019 - 4:48 pm

    Halo Mas Achnad Lutfi
    Buat input modulnya g ada yg mas menunya
    dan script nya

    • #18 by Achmad Lutfi on August 14, 2019 - 10:02 am

      untk menu modul memang dikosongkan. belum ada rencana buat ditambahkan, hanya masih dalam desainnya saja.

  5. #19 by Wahyu Ari on November 27, 2019 - 7:08 am

    untuk pengisntalannya gimana bang? saya binggung udah cari cari gk ketemu

    • #20 by Achmad Lutfi on November 27, 2019 - 7:12 am

      download yg xampp gan. itu aplikasi portable

  6. #21 by yudha ardana on December 18, 2019 - 9:13 am

    tidak bisa login. bagaimana ini?

    • #22 by Achmad Lutfi on December 18, 2019 - 10:29 am

      login apa gan? login operator pojok kaan bawah

  7. #23 by Official Team on December 30, 2019 - 7:19 am

    daftar tes pada user tidak muncul, kenapa ya kang

    • #24 by Achmad Lutfi on December 31, 2019 - 5:15 am

      cek tanggal diserver gan dan timezone

  8. #25 by muggerid on March 20, 2020 - 8:47 am

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: mysqli::real_connect(): (HY000/1045): Access denied for user ‘admin’@’localhost’ (using password: YES)

    Filename: mysqli/mysqli_driver.php

    Line Number: 201

    Backtrace:

    File: C:\xampp\htdocs\cbt\application\controllers\Welcome.php
    Line: 13
    Function: __construct

    File: C:\xampp\htdocs\cbt\index.php
    Line: 321
    Function: require_once
    A Database Error Occurred

    Unable to connect to your database server using the provided settings.

    Filename: C:/xampp/htdocs/cbt/system/database/DB_driver.php

    Line Number: 436

    • #26 by muggerid on March 20, 2020 - 8:48 am

      Ini gimana ya pak
      kok error gini

    • #27 by Achmad Lutfi on March 20, 2020 - 1:21 pm

      cek username dan passwordnya database gan

      • #28 by muggerid on March 20, 2020 - 2:09 pm

        dibagian mananya ya pak

      • #29 by muggerid on March 20, 2020 - 2:17 pm

        ‘hostname’ => ‘localhost’,
        ‘username’ => ‘root’,
        ‘password’ => ‘root’,
        ‘database’ => ‘zyacbt’,
        ‘dbdriver’ => ‘mysqli’,
        ‘dbprefix’ => ”,
        ‘pconnect’ => FALSE,
        ‘db_debug’ => (ENVIRONMENT !== ‘production’),
        ‘cache_on’ => FALSE,
        ‘cachedir’ => ”,
        ‘char_set’ => ‘utf8’,
        ‘dbcollat’ => ‘utf8_general_ci’,
        ‘swap_pre’ => ”,
        ‘encrypt’ => FALSE,
        ‘compress’ => FALSE,
        ‘stricton’ => FALSE,
        ‘failover’ => array(),
        ‘save_queries’ => TRUE
        );
        yang ini kah?

      • #30 by Achmad Lutfi on March 21, 2020 - 1:03 pm

        Username dan password disesuaikan dengan konfigurasi database mysql

  9. #31 by putra adi on May 6, 2020 - 11:31 am

    Boleh minta tutorial instalasi dengan gambar tidak pak ?
    soalnya saya pemula.

  10. #32 by Andi Fitriono on May 6, 2020 - 7:52 pm

    Mas achmad, mau tanya…
    Saya sudah instal Xampp di Linux mint 19.3
    Kemudian sudah bisa masuk di PHPmyadmin, saya kebingukan untuk memasukkan ekstrakan zya cbt nya…
    caranya gimana ya mas?

    • #33 by Achmad Lutfi on May 6, 2020 - 9:21 pm

      Kalo linux biasanya htdocs ada di /opt

  11. #34 by muhamad on May 10, 2020 - 6:39 am

    saya mau coba..kalau user dan paword log in nya apa ya..mohon maaf sblumnya

  12. #35 by ahmad on May 10, 2020 - 7:13 am

    ehh udah mass…maklum lagi blajar…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: