Model View Control

Buat yang pertama belajar mengenai MVC, mungkin langsung beranggapan kalau malah tambah ribet, ruwet dan gak jelas. Penulispun saat pertama belajar MVC mengalami banyak kendala, tetapi setelah beberapa kali percobaan dan implementasi pada project yang agak komplek maka akan terlihat keunggulan yang didapat jika digunakan teknik MVC.

MVC sendiri adalah teknik pemrograman yang memisahkan bagian program menjadi Model, View dan Control.

Model

Class-class yang terdapat pada bagian Model digunakan untuk menampung data yang diberikan oleh class-class yang berada di bagian View. Selain digunakan sebagai tempat menampung data, Model juga digunakan untuk melakukan manipulasi data yang ada.

View

View adalah representasi dari model atau berguna sebagai interface yang digunakan untuk berinteraksi dengan User. View juga digunakan untuk menerima event yang diberikan oleh User, seperti input data atau juga saat user melakukan klik pada Button.

Control

Controller adalah class-class yang bertugas untuk menerima proses yang diberikan oleh event yang datang dari bagian View. Controller juga digunakan sebagai penghubung antara bagian View dan bagian Model. Selain itu, di Controller kita dapat melakukan validasi input yang diterima dari bagian View.

 

Implementasi teknik MVC tidak hanya dapat diterapkan di Java, tetapi dapat juga diterapkan juga di PHP atau bahasa pemrograman lainnya. Untuk contoh implementasi sederhana Teknik MVC di Java, tunggu aja artikel selanjutnya. Heheheh

, , , , ,

  1. Model View Control Sederhana dengan Swing « Simple Blogs….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: